Kamis, 08 Maret 2012

Alamat Web dengan Sistem URL *dari buku

hola amigosss, masih ngetik di jam 23.05 ini
masih semangat buat tugas
sekarang kita akan bahas Alamat Web dengan Sistem URL
apa itu? check this out

Setelah komputer terhubung dengan jaringan internet, kita bisa mencari berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia. UNtuk memperoleh informasi, anda harus mengetahui alamt situs atau website penyedia informasinya. alamat website di internet disebut sebagai Uniform Resource Locator (URL). untuk mengakses sebuah halaman web dari browser, pemakai perlu menyebutkan URL-nya. sebuah URL berisi protokol, nama domain, dan lokasi spesidik dokumen di dalam halaman web. beberapa contoh alamat URL antara lain http://www.depdiknas.go.id/indekx.php, http://www.telkom.net/info-layanan-jt.php, http://www.irc.org/history-docs/mlawrie.html dll

jika anda perhatikan, alamat URL dapat dibedakan menjadi beberapa bagian. setiap bagian biasanya dipisahkan dengan garis miring (/)

semakin meluasnya pengguna internet, jumlah website yang tersedia pun begitu banyak, saat ini kita dapat menjumpai jutaan miliaran bahkan triliunan alamat website di internet. alamat web dapat kita kelompokkan menururt nama domain tingkat pertamanya

selain nama domain level pertama yang menunjukan jenis website, beberapa alamat website juga memiliki kode negara penyedianya, setiap negara berbeda.

selain URL, istilah lain yang berkaitan dengan internet yaitu Internet Protocol (IP) yang merupakan alamat lokasi web dalam internet. IP di tulis dengan susunan A.B.C.D. tiap tiap komponen memiliki nilai anatara 0 sampai 225. contoh penulisan IP yaitu 202. 173. 14.5. penulisan alamat web dengan menggunakan IP sulit di ingat. oleh karena itu, IP memiliki nama atau yang disebut domain.
Domain Name Sistem (DNS) adalah layanan internet yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. nama domain yang beruoa alfabet  akan lebih mudah diingat. ketika anda memasukkan nama domain, internet akan menerjemahkan nama domain tersebut menjadi alamat IP. sebagai contoh domain www.contoh.com akan diterjemahkan oleh DNS menjadi lamat IP 198.105.232.4.

sekiaaaan
itu diketik dari halaman 71-72
sudah ngantukkkkkk aduh._.
sampai ketemu next posting ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar